UKM Digital; Kemajuan Pengusa Kecil Dan Menangah Dalam Go Public

Keberadaan aksi sosial UKM di indonesia saat ini menunjukan trend perkembangan yang cukup signifikan. Hal itu bisa dilihat dari beberapa fakta dan juga pencapaian sehingga kemudian bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih maju lagi. Salah satu pencapaiannya bisa kita lihat dari kemampuan mereka dalam menyeimbangkan diri dengan kondisi jaman di era sekarang. Sekarang adalah jaman era digital, sehingga mau tidak mau para pengusaha kecil dan menegah itu harus mampu go digital. Hal itu bukan hanya harapan namun sudah dibuktikan dimana memang ada banyak sekali UKM yang telah terjun ke dunia digital ini dimana mereka bisa mendapatkan untung yang banyak.

Dengan terjun ke dunia digital ini, maka diharapkan para UKM itu mampu meraih banyak hal positif yang kemudian berdampak pada kemajuan bisnis mereka. Jika bisnis mereka berkembang, maka tentu ini akan sangat berpengaruh pada para pengrajin dan para pekerja dari produk yang dibuat oleh UKM itu. Dengan demikian, penghasilan para pekerja itu juga akan semakin besar sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan mereka dari mulai kebutuhan dasar sampai dengan kebutuhan hidup tersier mereka. Hal itu bukan tidak mungkin untuk didapatkan jika para pelaku UKM mampu melihat keberadaan dunia digital ini sebagai peluang.

Build A Broad Audience (Membangun audien Pasar yang Luas)

Salah satu keuntungan dari adanya dunia digital ini adalah dimana memang kita bisa membangun audience yang cukup luas. Benar adanya bahwa jangkauan dari internet itu adalah bisa menghubungkan orang-orang bukan hanya dalam satu wilayah namun juga dalam satu dunia ini. Keterhubungan itu tentu menjadi salah satu keuntungan yang sangat bagus bukan hanya dalam hal komunikasi namun juga dalam hal lainnya termasuk dunia bisnis. Jaman sekarang untuk memasarkan produk ke luar negara bukan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Kita hanya perlu mempostingnya di internet. Begitupun juga ketika kita akan memasarkan produk UKM indonesia ke dunia luar.

Mempopulerkan Produk UKM Lokal

Karena memang cakupan audience dari bisnis dengan menggunakan media digital ini cukup luas, maka salah satu keuntungan besar yang bisa didapatkan adalah dengan memungkinkan kita untuk bisa mengembangkan UKM lokal. Produk-produk lokal asal indonesia akan bisa sangat mungkin untuk dikenal oleh masyarakat dunia. Jika demikian, maka akan ada banyak orang dari berbagai negara yang mengetahui tentang produk kita. Semakin banyak yang tahu akan produk kita, maka akan semakin baik tentunya sehingga pada akhirnya ini akan bisa sangat mungkin untuk memberikan kesempatan untuk kita bisa tahu apa saja yang mungkin bisa mereka lakukan apakah membeli produk kita atau mungkin datang kesinis untuk melihat proses pembuatan produk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *