Tips Mulai Berinvestasi Dengan Modal Minim

Banyak orang tertarik untuk mulai berinvestasi namun menjadi ragu karena modal yang dimiliki masih minim. Padahal sangat banyak kesempatan bagi kita untuk mulai berinvestasi dengan modal minim jika kita mengetahui tips dan trik berikut ini.

1. Investasikan Minimal 10% dari Total Pendapatan Anda

10% bukanlah jumlah investasi yang banyak jika dibandingkan dengan mereka yang bisa berinvestasi 50 – 70% dari pendapatannya. Jumlah sekecil itu menjadi percobaan bagi kita yang ingin berinvestasi lebih besar kedepannya sekaligus mengurangi resiko untuk mengalami kerugian yang besar jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

2. Fokus dengan Tujuan Berinvestasi

Kebanyakan orang mulai berinvestasi untuk tujuan jangka panjang, pada saat terjadi gejolak ekonomi maka kebanyakan dari mereka akan tergoda untuk langsung melepaskan investasi meraka agar terhindar dari kerugian. Intinya adalah fokus, kenali tujuan anda dan rencanakan dengan matang setiap langkah yang Anda ambil.

3. Mulailah dari Muda

Jika belum berkeluarga maka ini adalah saat yang tepat untuk mulai berinvestasi. Selain karena belum ada tanggung jawab yang lain, berinvestasi pada saat masih muda juga dapat bertujuan untuk mempersiapkan modal sebagai tunjangan hidup di hari tua. Keuntungan yang di dapatkan dari hasil investasi dapat digunakan pula sebagai modal untuk menikah dan biaya pendidikan anak nantinya.

4. Mulailah Dengan Jenis Investasi yang Beresiko Rendah

Emas dan logam mulia, reksadana, barang antik, dan barang koleksi juga dapat menjadi permulaan bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi. Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang murah, mudah, dan stabil harganya. Belilah emas pada saat harganya murah dan jual kembali saat harganya tinggi. Namun yang harus diketahui adalah bukan berarti saat harga tinggi maka lebih baik langsung dijual, jika jumlah emasnya masih sedikit alangkah lebih baik untuk menahan penjualan dan kumpulkan jumlah emas sampai lebih banyak agar untungnya lebih banyak.

Itulah tips dan trik untuk memulai investasi dengan modal yang minim. Kenali jenis investasi yang anda inginkan, lakukan perencanaan yang matang, dan fokus agar dapat mendulang keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *