Tips Memasarkan Online Produk Wirausaha Tradisional

Berbelanja secara online merupakan pilihan utama para konsumen saat ini. Perusahan – perusahaan besar pastinya telah lama menggunakan sarana internet untuk menjual produk –produknya agar konsumen lebih mudah melakukan pembelian. Tapi siapa sangka produk yang berasal dari wirausaha tradisional sekalipun ternyata bisa diperjual-belikan secara online. Berikut tips untuk memasarkan barang wirausaha tradisional agar dapat bersaing dengan produk –produk yang lebih modern.

1. Kenali Target atau Calon Pembeli

Jika kita ingin mempromosikan sambal buatan rumah, maka cari website atau social media yang memang khusus dibuat untuk produk makanan dan minuman, jangan promosikan di tempat yang salah seperti otomotif atau produk – produk perawatan. Untuk saat ini juga banyak website yang mengkhususkan untuk penjualan hasil wirausaha tradisional.

2. Promosikan Produk Secara Menarik

Packaging yang dibuat harus semenarik mungkin agar saat promosi dilakukan akan langsung menarik perhatian dari calon pembeli. Mintalah bantuan kepada teman atau kerabat yang ahli di bidang desain grafis untuk mendesain produk yang ingin kita jual. Kemudian setelah packaging, wajib membuat iklan yang menarik agar menciptakan kemungkinan dari pembeli yang lalu – lalang untuk melirik produk kita.

3. Perluas Networking

Dengan memperluas networking maka promosi yang dilakukan akan menjadi  lebih mudah. Tawarkan kerabat atau teman – teman anda untuk mempromosikan barang kita di kampus, kantor, atau lingkungan mereka. Ini juga merupakan bentuk wirausaha sosial karena semakin banyak teman kita maka akan semakin cepat pula produk kita akan dikenal.

4. Pertahankan Kualitas yang Tinggi

Banyak produk – produk wirausaha tradisional yang sudah melejit di dunia bisnis namun pada akhirnya harus gulung tikar karena tidak dapat mempertahankan kualitas mereka. Padahal jika kualitas yang baik itu di pertahankan, berapapun harga yang di tawarkan pasti konsumen akan tetap pembeli. Karena pada faktanya, kualitas akan mengalahkan harga.

Beberapa tips mengenai pemasaran produk diatas patut anda coba dan pertimbangkan agar kelak jika anda ingin berwirausaha semoga bisnis anda bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *