Tips Jitu Sukses Dalam Social Enterprise

Social Enterprise mempunyai dasar untuk menuntaskan masalah sosial dengan cara berbisnis. Dalam artian yang dicari bukan keuntungan secara ekonomi namun lebih kepada nilai – nilai sosial yang dihasilkan dan diharapkan dapat menimbulkan semangat social entrepreneurship di masyarakat karena semangat berwirausaha sosial ini masih sangat minim. Di bawah ini adalah beberapa tips agar sukses dalam berwirausaha sosial.

1. Libatkan Lingkungan Sekitar

Ajak dan rangkul orang – orang di sekitar tempat kalian. Bantu mereka berkreasi dan menciptakan ide – ide baru, bekali mereka dengan kemampuan yang anda punya, berikan keyakinan bahwa dengan niat dan usaha yang keras maka mereka akan dapat menciptakan social enterprise mereka sendiri.

2. Ciptakan Inovasi yang Menarik dan Solutif

Agar dapat menciptakan ketertarikan bagi orang lain agar mau bergabung dalam wirausaha sosial kita maka ciptakan bentuk inovasi yang menarik dan solutif dalam menyelesaikan problem – problem yang ada. Mulailah dengan modal yang sederhana, kemudian kembangkan dan ciptakan inovasi yang solutif dan kreatif. Dijamin social enterprise kalian akan diminati dan menginspirasi orang lain.

3. Visi dan Misi yang Jelas

Buatlah visi dan misi yang memang bertujuan untuk menciptakan kesetaraan sosial dan memperbaiki nilai – nilai sosial yang ada. Ingatlah bahwa social entreprise bertujuan untuk menciptakan social change bukan demi economic value. Pertahankan prinsip kalian dan jangan mudah tergoda untuk mendapatkan keuntungan ekonomi karena nantinya kalian akan lupa dengan nilai – nilai sosial.

4. Temukan Social Investor untuk Menyokong Project Kalian.

Memang bukan tujuan dari social entreprise untuk medapatkan keuntungan secara ekonomi, namun modal tetap perlu ada untuk membangun wirausaha ini. Carilah investor yang memang memiliki tujuan yang sama seperti kalian, jelaskan tujuannya, dan yakinkan mereka bahwa investasi yang mereka tanam akan membuat dampak sosial yang positif di kemudian hari.

Itulah beberapa tips jitu dalam social enterprise, memang membutuhkan keberanian dan kesadaran yang kuat akan perubahan yang lebih baik sehingga kita akan enjoy dalam menjalaninya. Ingatlah bahwa banyak orang diluar sana yang membutuhkan kita dan sudah selayaknya kita membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *