Tips Agar Selamat dan Aman Berkendara

Saat ini banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena kelalaian pengemudi. Selain itu masih banyak pula pengemudi yang tidak menaati peraturan sehingga merugikan dirinya sendiri, pengendara lain, bahkan pejalan kaki. Beberapa tips dibawah ini dapat menjadi masukan bagi Anda agar senantiasa bisa selamat dijalan dan aman berkendara sampai ke tempat tujuan.

1. Hindari Bermain Telepon Genggam

Banyak kecelakaan fatal yang terjadi karena pengemudi menggunakan telefon genggam sehingga konsentrasi sang pengemudi terganggu. Kebanyakan dari mereka menggunakan handphonenya untuk bermain game atau membuka media sosial, padahal hal – hal tersebut bisa dilakukan sebelum atau setelah mengemudi. Maka dari itu hindari bermain handphone saat mengemudi agar tetap aman berkendara, jika memang urgent maka sebaiknya menepi atau berhenti sejenak.

2. Beristirahat Saat Mengantuk

Nah, salah satu faktor lain penyebab terjadinya kecelakaan adalah rasa kantuk yang menghampiri pengemudi yang kelelahan dan nekat memaksakan diri untuk sampai ke tempat tujuan. Biasanya ini terjadi pada pengemudi bus, truk, atau angkutan umum jarak jauh lainnya yang memang dalam pekerjaan mereka dibutuhkan kondisi fisik yang prima karena jarak yang ditempuh biasanya cukup jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Agar tetap aman dalam berkendara, beristirahatlah saat kantuk menyerang agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

3. Patuhi Semua Rambu Lalu Lintas

Sejatinya rambu lalu lintas dibuat sebagi peraturan, perintah, larangan, dan petunjuk bagi pengemudi agar mengetahui arah, daerah yang berbahaya, dan aturan yang berlaku saat berada di jalan. Di kota besar seperti Jakarta ini, kesadaran untuk mematuhi rambu lalu lintas masih sangat rendah. Alasan yang digunakan untuk melanggar adalah biasanya karena terburu- buru, ingin cepat sampai ke tempat tujuan, atau memang karena tidak paham dengan rambu yang ada. Supaya tetap selamat dan aman berkendara, patuhilah rambu yang ada.

Itulah beberapa tips aman berkendara yang mungkin bisa Anda terapkan saat mengemudi nanti. Lengkapi juga pengalaman berkendara Anda dengan asuransi kecelakaan dan kunjungi link ini agar mengetahui tips seputar asuransi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *