Strategi Tepat Mengelola Keuangan Pensiun

Pensiun adalah hal yang menjadi tujuan akhir dalam segi finansial bagi kebanyakan orang. Pastinya tidak ada kan orang yang ingin bekerja terus – menerus seumur hidupnya, pastinya akan ada saat dimana orang yang bekerja, ingin untuk beristirahat dan menikmati masa tuanya. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk berbagai hal di masa pensiun nanti, salah satunya adalah bagaimana mengelola dan menggunakan keuangan pensiun nantinya. Persiapan untuk mengelola keuangan pensiun sebaiknya dilakukan sejak dini agar kelak kita tidak kesulitan nantinya. Nah dibawah ini Crystalmotorgroup telah merangkum beberapa cara atau strategi yang tepat untuk mempersiapkan keuangan pensiun, yuk kita simak.

1. Buat Rekening Khusus Untuk Dana Darurat

Simpanan darurat berfungsi untuk mengantisipasi berbagai kejadian tidak terduga yang dapat terjadi kapanpun, dimanapun, dan dapat dialami oleh siapapun. Simpanan yang satu ini akan berguna sebagai tunjangan hidup sangat kita mengalami masalah seperti saat bisnis gulung tikar atau kehilangan pemasukan. Sisihakanlah sekitar 10% dari total penghasilan dan simpan dalam rekening berjangka yang uangnya hanya bisa kita cairkan pada saat jangka waktu yang telah ditetapkan.

2. Lunasi Hutang Dengan Segera

Keuangan pensiun akan sangat terganggu karena berbagai hal salah satunya adalah karena hutang. Maka dari itu, hindari untuk berhutang karena hutang sekecil apapun akan membuat kita tidak tenang dan merasa ada beban kedepannya. Namun jika sudah terlanjur mempunyai hutang, segeralah lunasi agar rencana yang telah kita susun untuk kehidupan pensiun dapat berjalan dengan baik. Keuangan pensiun sangatlah rentan digunakan untuk hal yang tidak penting, sehingga tidak ada salahnya kita mulai belajar untuk menahan diri dan berfikir lebih jauh kedepan agar kita bisa menghindari berbagai hal yang tidak kita ingingkan.

3. Mulailah Untuk Berbisnis

Jika kita tidak memiliki rencana untuk dilakukan saat pensiun nanti, cobalah untuk membuka bisnis. Mulailah dengan bisnis yang kecil dan tidak memerlukan banyak modal dan bisa juga membangun bisnis dari hobi kita selama ini seperti makanan, otomotif, atau online shop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *