Sosial Media Paling Efektif Untuk Memasarkan Produk Online

Dibandingkan dengan surat kabar atau sarana pemasaran yang lain, media sosial bisa dibilang merupakan sarana yang paling efektif untuk memasarkan produk online. Selain karena banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, beberapa hal dibawah ini menjadi alasan mengapa media sosial dikatakan sebagi media yang paling efektif untuk melakukan proses pemasaran produk online.

1. Gratis

Prinsip dari berbisnis adalah mendapatkan pemasukan yang lebih besar dibandingkan denganpengeluarannya. Dengan adanya media ini, proses pemasaran dapat dilakukan dengan gratis secara online. Memasarkan produk online juga tidak memiliki batas waktu, artinya selama apapun kita ingin mempromosikan produk kita, sama sekali bukan masalah.

2. Mudah Digunakan

Kemudahan penggunaan media sosial sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Berbagai jenis fitur disematkan agar penggunanya merasa nyaman dan cepat memahami cara penggunaan sosial media tersebut. Kemudahan ini tidak bisa kita dapatkan di media pemasaran yang lain.

3. Penyebaran Informasi Lebih Cepat

Saat ini hampir setiap orang di kota – kota besar menggunakan social media untuk berinteraksi dengan sesamanya, itu berarti medsos telah menjadi bagian hidup sehari – hari dari dari manusia. Memasarkan produk online pastinya akan menjadi sangat efektif karena setiap hari orang membuka medsos meskipun hanya sekedar ingin menghilangkan rasa bosan tapi kemungkinan untuk tidak sengaja melihat produk yang kita pasarkan akan menjadi lebih tinggi.

4. Lebih Mudah Untuk Mendapatkan Feedback

Jika kita menjual produk kita lewat surat kabar atau iklan di televisi, feedback yang kita dapatkan biasanya akan sangat lama untuk kita terima bahkan kadang tidak mendapatkan feedback sama sekali. Padahal feedback adalah salah satu hal yang penting dalam meningkatkan kualitas dan memperbaiki kekurangan yang dimiliki atas produk yang kita pasarkan. Hal ini berbeda jauh saat kita menggunakan social media sebagai sarana untuk memasarkan produk secara online, biasanya saat ada kekurangan atau kritik, kita langsung dapat menerimanya dari konsumen sehingga dapat memperbaiki kekurangan yang ada dan mempertahankan kualitas daripada produk tersebut.

Itulah beberapa kelebihan media sosial sebagai media yang dapat digunakan untuk strategi pemasaran produk secara online. Namun tetap harus disadari bahwa pastinya media ini juga memiliki kekurangan dan diperlukan kecermatan dalam penggunaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *