Solusi Untuk Menangani Masalah Sosial

Masalah sosial masih menjadi “pr” bagi pemerintah Indonesia dan kita sebagai warga negara untuk bersama – sama mencari solusi atau jalan keluarnya. Meskipun masalah sosial juga terjadi di negara maju namun akan lebih terasa di negara berkembang seperti Indonesia. Berikut adalah beberapa solusi untuk menangani masalah sosial yang ada.

1. Revolusi Mental

Program pemerintah yang satu ini sebetulnya sangat bagus jika mendapat dukungan yang maksimal dari semua pihak. Mental orang Indonesia bisa dikatakan masih belum siap untuk melangkah kearah yang lebih baik. Membuang sampah sembarangan, mudah dihasut dengan isu SARA, tidak menaati aturan lalu lintas, dll. Ini adalah mental yang harus diubah, dapat dimulai dengan menerapkan aturan yang tegas dan mengubah sistem hukum di Indonesia. Pengawasan yang ketat juga diperlukan dalam mengawal program revolusi mental ini. Diharapkan dengan adanya program ini maka masalah sosial dapat berkurang.

2. Pemerataan Pendidikan

Pendidikan di sekolah akan membantu setiap individu memiliki pengetahuan yang baik akan berbagai macam teori dan praktik menjalani kehidupan yang sebenarnya. Setiap invidu akan dapat berpikir secara ilmiah dan tertata sehingga diharapkan dapat membantu mereka hidup lebih baik setelah lulus dari sekolah.

3. Pemerataan pembangunan

Selama ini pembangunan hanya terjadi di kota – kota besar di Indonesia, beruntung semenjak tahun 2015 pemerintah lebih fokus untuk terlebih dahulu membangun daerah – daerah terpencil dan tertinggal sehingga masyarakat disana dapat merasakan dampak positifnya. Pembangunan jalan, listrik, sarana kesehatan, dan pendidikan akan membantu masyarakat di daerah terpencil terhubung ke dunia luar. Resiko kematian akan penyakitpun dapat menurun. Tingkat individu yang dapat baca tulispun akan meningkat, dan pastinya masalah sosial akan berkurang.

4. Lapangan Kerja yang Banyak

Tindakan kriminal seperti perampokan, penjambretan, begal, terjadi karena para pelakunya tidak mempunyai pekerjaan yang layak karena sedikitnya lapangan kerja yang ada padahal kebutuhan hidup semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan adanya lapangan kerja yang pelimpah maka diharapkan tingkat kejahatan akan berkurang dan tingkat perekonomian akan semakin naik. Pelatihan untuk memulai wirausaha sosial dari pemerintah juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja.

Itulah beberapa solusi yang ada, perlu adanya kerjasama dan usaha dari semua pihak sehingga masalah sosial dapat berkurang bahkan dapat benar – benar dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *