Persiapan Menjelang Masa Pensiun     

Pensiun adalah hal yang pasti akan dihadapi oleh mereka yang bekerja di sebuah kantor atau institusi. Biasanya pensiun dilakukan saat seseorang mencapai usia 56 tahun. Ini karena tingkat produktivitas orang yang ada pada umur tersebut sudah tidak sebaik mereka yang masih muda. Selain itu kondisi fisik orang yang telah masuk umur 56 tahun ke atas biasanya akan semakin lemah sehingga tidak memungkinkan lagi untuk melakukan pekerjaan apalagi pekerjaan yang berat. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pensiun, selain segi finansial masih banyak hal yang wajib dilakukan agar masa – masa pensiun nanti dapat berjalan dengan damai dan lancar. Nah kira – kira apa saja yang harus disiapkan untuk pensiun kalian? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Latih Otak Agar Tetap Aktif

Seiring bertambahnya usia menjelang waktu pensiun, banyak orang yang dihadapkan dengan rasa malas serta keenganan untuk mempelajari banyak hal-hal baru yang ada di luar sana. Padahal, seharunya organ otak wajib untuk tetap aktif guna meningkatkan daya ingat serta mencegah dari penyakit Alzheimer maupun demensia. Kita harus sering membaca buku, kemudian mengisi tts, belajar bahasa baru agar otak selalu aktif.

2. Olahraga Ringan

Hindari bermalas-malasan di rumah atau kasur sepanjang hari. Aturlah jadwal untuk melakukan olahraga ringan yang gampang dilakukan dan tidak merepotkan kalian. Awali dengan bangun lebih pagi dari biasanya dan lakukan olahraga seperti jogging, push-up, sit-up, atau renang yang dapat membuat nafas kalian tetap kuat serta menjaga kesehatan otak.

3. Banyak Berinteraksi

Masa pensiun bukan berarti kalian harus jauh dari siapapun, justru karena banyaknya waktu luang di masa pensiun itulah banyak kesempatan bagi kalian untuk dapat berinteraksi lebih banyak dengan keluarga atau teman – teman yang tidak bisa kalian lakukan saat masih sibuk bekerja.

4. Kunjungi Tempat – tempat Baru

Inilah adalah salah satu kegiatan menyehatkan sekaligus menyenangkan yang kalian pensiunan dapat lakukan. Selain membuka wawasan baru, berkunjung ke tempat yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya dapat membuat kita bebas dari hirup pikuk pekerjaan dan juga dapat membuat tubuh kita sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *