Pentingnya Memeriksa Sistem Keuangan Yang Kita Miliki     

Apakah Anda pernah mendengar istilah yang bernama pemeriksaan keuangan pribadi atau financial check up? Atau mungkin Anda ingin atau malah sudah pernah melakukannya? Kalau iya, berarti Anda harus merasa beruntung karena Anda adalah tipe orang yang peduli akan kondisi dan sistem keuangan yang anda miliki. Financial check up sendiri memiliki arti sebagai sebuah proses pemeriksaan menyeluruh terhadap sistem keuangan kita. Dengan cara ini kemungkinan untuk mengantisipasi jika ada maslaah menjadi lebih besar. Pemerikasaan ini dapat dilakukan secara berkala, baik setiap bulan, 2 bulan, 6 bulan atau pun setiap tahun. Yang biasa diperiksa adalah beberapa hal seperti , total jumlah aset, hutang atau kewajiban, Total pendapatan serta pengeluaran, dan  total tabungan. Biasanya hasil dari perhitungan tadi akan didapatkan tiga rasio penting  yaitu Saving Ratio yang merupakan tabungan yang anda miliki, termasuk didalamnya investasi, deposito dan lain-lain. Liquidity Ratio yaitu informasi atas dana yang dimiliki seandainya sudah berhenti bekerja atau sudah masuk pensiun. Debt Service Ratio yaitu penghasilan yang wajib dikeluarkan untuk membayar semua hutang dan kewajiban. Ada baiknya kita lihat ulasan kenapa pemeriksaaan sistem keuangan itu wajib dilakukan.

1. Dapat “menyehatkan” Keuangan Pribadi Kita

Dengan rutin melakukan pemeriksaan terhadap sistem keuangan yang dimiliki maka anda dapat mengetahui masalah – masalah yang mungkin dapat terjadi sehingga dapat lebih siap dalam menghadapinya. Ini juga dapat menghindarkan anda dari melakukan pemborosan untuk kedepannya sehingga uang yang ada dapat dihemat dan digunakan nantinya untuk sesuatu yang lebih baik.

2. Membuat Kita Lebih Berhati – hati Dalam Menggunakan Uang

Pemeriksaan ini akan membuat kita lebih berhati – hati dalam mempergunakan uang yang ada. Anda akan sadar berapa banyak uang yang terbuang percuma hanya demi nonton bioskop setiap minggu, nongkrong di café, yang ternyata uang tersebut dapat digunakan untuk membeli kebutuhan yang penting.

3. Mengetahui Kemana Aliran Uang

Sistem keuangan dan aliran uang dapat dijaga dan dikontrol dengan lebih baik sehingga tidak ada lagi pertanyaan seperti “kok uangku sudah habis saja ya?” di setiap pertengahan bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *