Pengembangan UKM; Upaya Memberdayakan Kreativitas Warga

Untuk membangun kemajuan sebuah masyarakat, kata kuncinya adalah dimana seharusnya kita fokus pada pemberdayaan aksi sosial. Pemerintah tidak harus memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada setiap warganya namun yang dibutuhkan adalah bagaimana membentuk suatu sistem ekonomi yang benar yang mampu mengangkat dan memberdayakan masyarakat agar ada dalam sistem ekonomi tersebut. Jika targetnya adalah masyarakat secara keseluruhan, maka tidak mungkin jika dicakup oleh sebuah sistem yang besar. Sistem yang bisa dikemas adalah sistem ekonomi skala mikro terlebih dahulu agar setiap masyarakat dalam lingkungan tertentu bisa merasakannya.

Dengan fokus pada penerapan dan pembuatan sistem ekonomi dalam lingkup mikro ini, masyarakat diharapkan bisa ikut berpartisipasi atas apa yang memang sebaiknya dilakukan. Artinya ada sistem yang meng-cover mereka sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan meski dalam nilai yang kecil. Artinya ini bisa menjadi sebuah sistem pemberdayaan masyarakat yang memang akan membawa masyarakatnya menjadi lebih kreatif dan mampu menghasilkan sesuatu hal yang berharga sesuai dengan kreatifitasnya itu. Jika memang kreatif, maka akan ada banyak hal yang bisa coba dilakukan bahkan bisa ditingkatkan.

Peran UKM dalam Pemberdayaan Masyarakat

Usaha kecil menengah ini sebaiknya menjadi sebuah sistem usaha yang dikelola dan dipelihara oleh pihak pemerintah. Pemerintah sebetulnya hanya perlu menyediakan fasilitas dan kemudian membangun sistem yang jelas yang kemudian akan diikuti oleh masyarakat yang gabung dengan sistem usaha tersebut. Adapun controling yang dilakukan hanya perlu mengarahkan mereka sehingga tetap bisa maju dan mengembangkan usaha mereka. Jika bisnis yang bergerak dalam bidang kerajian kreatif, maka pemerintah juga sebaiknya bisa mencari pembeli dari luar untuk memasarkan produknya.

Kembangkan dengan Kreatifitas Tinggi

Agar UKM ini berkembang, maka sebaiknya cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan mengembangkan kreatifitas. Kreatifitas menjadi salah satu bagian penting yang memang akan mendukung perkembangan dan juga keberlangsungan sebuah UKM. Jika UKM tidak memiliki kreatifitas dalam mengembangkan hal-hal baru, maka akan sangat mudah untuk tergilas dan terkalahkan oleh hal yang lainnya. Dalam hal ini, pembinaan akan kualitas juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan.

Perlu Upaya Pembinaan

Pembinaan menjadi bagian penting yang harus dilakukan karena memang ini akan membantu banyak hal termasuk memajukan keberadaan dari UKM ini. Dengan adanya pembinaan yang benar, maka perkembangan UKM bisa berjalan dengan sangat baik yang pada akhirnya bisa memberikan keberuntungan besar yang lebih bagus nantinya. Upaya pembinaan bisa dilakukan oleh siapa saja namun akan lebih baik jika hal itu dilakukan oleh pihak pemerintah karena memang mereka memiliki kebijakan tertentu dalam mengelola dan mengatur keberadaan dan juga kemajuan sebuah UKM yang ada dalam sebuah masyarakat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *