Pemasaran Produk Melalui Media Digital

Dalam dunia bisnis, ada beberapa hal yang sangat sensitif dan dapat mempengaruhi jumlah penjualan dan brand awareness. Salah satu hal sensitive tersebut adalah strategi marketing, atau yang bisa disebut dengan strategi pemasaran produk. Dalam menentukan trategi pemasaran ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti model bisnis, jenis produk yang ditawarkan, target pembeli. Dalam setiap poin tersebut terdapat penjelasan lebih lanjut yang dapat dikategorikan kembali agar lebih spesifik. Sebagai contohnya, target pembeli dapat dikategorikan kembali berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya. Kelebihan seorang entrepreneur yang dapat mengkategorikan calon pembeli untuk menerima informasi pemasaran produknya akan menjadi nilai lebih, karena lebih efektif.

Namun, bagaimana cara seorang entrepreneur dapat mengkategorikan calon penerima informasi tersebut? Di era modern ini, sudah ada teknologi pemasaran secara digital yang dapat mengkategorikan calon penerima informasi iklan. Berikut beberapa platform penyedia jasa tersebut.

Google

Google merupakan perusahaan digital raksasa. Semua informasi yang dibutuhkan manusia, sebagian besar di dapatkan dari Google. Bahkan ada istilah “Googling” atau “Tanya mbah Google” sebagai pengganti kata mencari tau sesuatu di internet. Selain menyediakan berbagai informasi, Google juga memiliki jasa penyedia iklan yang bernama Google Ads. Melalui Google Ads, anda bisa memasang iklan di mesin pencari nomer satu di dunia ini berdasarkan kata kunci yang berhubungan dengan produk atau bisnis anda.

Facebook

Platform lainnya yang menyediakan jasa penerbitan iklan secara digital adalah Facebook. Platform yang awalnya fokus pada media sosial ini memiliki perangkat lunak yang bernama Facebook Ads. Melalui Facebook Ads, anda bisa mengiklankan bisnis anda atau produk yang anda jual kepada sesame pengguna Facebook. Facebook Ads dapat mengkategorikan penerima iklan berdasarkan jenis kelamin, lokasi, umur, hobi, dan kebiasaan.

Itulah dua platform online terbesar yang dapat digunakan sebagai strategi sekaligus sarana pemasaran produk yang anda jual. Dengan menggunakan platform online tersebut, hasil yang anda terima dapat diukur dengan angka. Karena kedua platform tersebut menyediakan laporan yang bisa dipantau setiap saat, seperti biaya yang sudah keluar, jumlah orang yang melihat produk anda, dan laporan lainnya yang dapat mempermudah srategi pemasaran anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *