Mengatur Gaji Bulanan Dengan Cermat

Mengatur gaji bulanan sering kali membuat banyak orang kesulitan dan ternyata tidak hanya dialami oleh segelintir orang saja. Banyak masyarakat di jaman modern ini mengalami masalah dalam mengelola gaji setiap bulannya, atau mungkin juga sekarang Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam mengelola gaji setiap bulan yang Anda terima. Tidak jarang, Anda kerap kali kehabisan uang sebelum pertengahan bulan karena gaji yang ada telah dihabiskan di awal bulan seolah – olah ingin balas dendam. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak dapat mengatur gaji bulanan Anda dengan baik. Namun ada cara cermat bagaimana Anda dapat mengelola gaji setiap bulan Anda dengan cara yang bijak.

1. Buat Anggaran Setiap Bulannya

Buatlah rencana anggaran setiap bulannya untuk Anda. Mulailah dengan membuat list pengeluaran bulanan untuk kebutuhan yang dibagi menjadi dua bagian. Kebutuhan yang bersifat primer seperti makanan, pakaian, ongkos transportasi, tagihan listrik dan air, cicilan rumah dan kendaraan dan sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan yang bersifat secondary dan tersier, buatlah anggaran tersendiri untuknya seperti biaya untuk traveling, hingga anggaran untuk bergaul dengan teman-teman, rekan kerja, atau saudara Anda.

2. Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar semua tagihan atau hutang Anda. Dari mulai tagihan rumah tangga, telepon, cicilan, dan sebagainya. Hal ini sangat penting, agar tidak mengganggu aliran keuangan anda nantinya. Dengan memisahkan atau membayar langsung terlebih dahulu saat gajian tentu akan membuat Anda tenang dan cermat untuk mengatur pengeluaran bulanan yang lainnya.

3. Menabung

Sisihkanlah gaji yang diperoleh sebesar 10 – 20% dari total pendapatan untuk ditabung. Masih sama dengan membayar tagihan, menabung sebaiknya dilakukan di awal bulan setelah membayar semua keperluan dan tagihan yang ada. Jangan gunakan uang tabungan jika tidak betul – betul membutuhkannya.

4. Buat Cacatan Pengeluaran

Dengan membuat catatan pengeluaran harian, anda dapat melihat kemana uang anda pergi dan nantinya anda dapat mengatur keuangan bulanan anda dengan lebih baik lagi jika terlihat dalam laporan harian bahwa anda masih boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *