Mempersiapkan Finansial Pensiun Dan Manfaatnya

Pensiun adalah sebuah kondisi yang pastinya akan terjadi pada setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan atau institusi. Pensiun merupakan sebuah hal yang normal dan tidak perlu ditakuti karena pensiun merupakan kebijakan yang memang telah diatur oleh pemerintah demi yang sama – sama menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri. Nah agar kelak masa pensiun bisa berjalan dengan lancar dan nyaman, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Membuat rencana finansial pensiun adalah hal yang bijak dan sangat cerdas bila dilakukan semenjak kita masih muda karena saat masa muda itulah kita masih banyak waktu dan tenaga yang bisa digunakan. Lalu kira – kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk menyusun finansial pensiun? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Membuat Tabungan Dan Mulai Menabung

FInansial pensiun tidak dapat disiapkan secara mendadak karena banyak hal yang harus diperhitungkan misalnya inflasi untuk beberapa tahun kedepan, peningkatan biaya pendidikan, serta kondisi ekonomi global. Sisihkanlah minimal sekitar 10% dari total pendapatan yang kalian peroleh setiap bulan untuk dimasukan ke dalam rekening tabungan khusus pensiun yang hanya bisa diambil sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan oleh kalian dan pihak bank. Hindari untuk mengambil dana yang ada di rekening tersebut ya meskipun ada urusan atau suatu hal yang sangat penting sekalipun. Ada baiknya kalian membuat rekening cadangan khusus untuk dana darurat sehingga tidak akan mengganggu uang untuk finansial pensiun kalian nantinya.

2. Biasakan Hidup Hemat

Masih banyak orang terutama generasi millennial yang hidup berfoya – foya dan boros bahkan hingga gaji atau uang simpanan mereka habis sebelum akhir bulan. Biasanya hal itu disebabkan karena rasa gengsi yang tinggi karena lingkungan pergaulan yang tidak sehat. Untuk itu tumbuhkan gaya hidup hemat, jangan mudah tergoda untuk belanja bagi kalian para wanita, bedakan antara keinginan dan kebutuhan yang kadang susah untuk dibedakan. Berhemat bisa dilakukan dengan mudah contohnya dengan menggunakan kendaraan umum untuk pergi ke kantor, kampus, sekolah, atau lainnya. Biasakan juga untuk membawa bekal yang pastinya lebih sehat dan bergizi dibandingkan makanan diluar sana.

3. Mulai Berinvestasi

Investasi juga merupakan persiapan untuk finansial pensiun yang tidak sulit dilakukan. Cukup membutuhkan kecermatan serta konsultasi mendalam dari orang yang mengerti tentang investasi. Investasi yang populer dikalangan masyarakat adalah emas, tanah serta saham. Ada juga jenis yang baru bernama reksadana yang pada prosesnya nanti kita tinggal membeli produk reksadana dan akan diatur oleh manager yang setiap bulannya akan memberikan kita laporan perkembangan produk yang kita beli.

4. Selesaikan Hutang

Finansial pensiun pasti akan terganggu nantinya jika masih ada hutang yang kita miliki. Maka dari itu hindari untuk melakukan hutang, namun jika memang sudah terlanjur mempunyai hutang, maka segera lunasilah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *