Masakan Sunda Asli Yang Perlu Dicoba!

Tanah Sunda memang terkenal dengan beragam pilihan kuliner yang dimiliki, mulai dari cemilan sampai dengan menu utama. Tak jarang beberapa nama makanannya mengambil dari nama-nama daerah identik di tanah Sunda seperti batagor Bandung, Mie Kocok Bandung, Soto Bandung dan lainnya. Selain itu, tidak sedikit inovasi makanan baru datang dari tanah Sunda dan menjadi terkenal di dunia kuliner Indonesia. Salah satu diantaranya adalah seblak. Anda juga tentu sudah tidak asing lagi dengan menu masakan berikut ini. Ini dia masakan Sunda asli yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Karedok

Masakan Sunda satu ini terdiri dari sayuran mentah yang disiram dengan saus kacang yang dicampur air asam dan gula jawa serta bumbu-bumbu lainnya seperti cabai, bawang putih, kencur dan terasi. Sayuran yang umum digunakan untuk membuat karedok antara lain mentimun, tauge, kacang panjang, kol dan terong bulat serta tambahan daun kemangi untuk menambah aroma karedok. Selain perpaduan sayuran dan saos kacang yang menyegarkan lidah, menu masakan tradisional ini tepat sekali menjadi pilihan Anda yang seorang vegetarian atau sedang dalam program diet.

2. Lotek

Sebagian orang pasti sulit membedakan antara lotek dengan gado-gado. Berbeda dengan karedok, lotek terbuat dari sayuran yang sudah matang. Memang tidak jauh berbeda dengan gado-gado, yang membedakannya yakni selain ditambah gula merah, bumbu kacang sebagai saus untuk lotek ini juga ditambahi tempe yang dihaluskan Bersama bumbu rempah lainnya yang membuat tekstur bumbu kacang masakan Sunda ini jauh lebih kental.

3. Sate Maranggi

Masakan sunda sejenis sate yang dengan mudah ditemui di daerah Jawa Barat ini biasanya dibuat dengan daging ayam atau daging sapi. Namun, yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya terletak pada proses pembuatannya. Sebelum di bakar, daging sate terlebih dahulu di rendam di dalam bumbu rempah agar meresap. Untuk itu, dalam penyajiannya sate ini tidak lagi memerlukan saus pendamping seperti bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

4. Nasi Timbel

Olahan nasi ini adalah salah satu masakan Sunda asli. Nasi timbel, berbeda dengan nasi liwet, ciri khas nasi ini terletak pada daun pisang sebagai pembalutnya. Hidangan ini juga biasanya disajikan lengkap bersama lauk lainnya seperti tempe, tahu, ayam goreng, ikan asin, sambal terasi dan lalapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *