Manfaat Program Tax Amnesty bagi Perekonomian Indonesia

Satu tahun terakhir ini di Indonesia sedang gencar – gencarnya diberitakan mengenai program Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak. Apa itu Tax Amnesty? Tax Amnesty adalah program penghapusan pajak yang seharusnya terutang, namun tidak dikenai sanksi pidana dan administrasi perpajakan dengan cara mengungkap harta kepemilikan dan membayar sejumlah uang tebusan sebagaimana diatur dalam Undang – undang No. 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak. Nah apa manfaat dari program tersebut bagi perekonomian Indonesia? Mari kita lihat 4 manfaat terbesar program Tax Amnesty berikut ini.

1. Menimbulkan keberanian bagi para investor dan konsumen untuk kembali membeli properti.

Selama ini sering kita mendengar kasus penggelapan pajak yang melibatkan investor – investor dan konsumen ternama di bidang properti. Ini terjadi karena besarnya biaya pajak yang harus dibayarkan tidak sebanding dengan pemasukan yang mereka dapatkan, ini mengakibatkan bisnis properti masih kurang diminati di Indonesia. Diharapkan dengan adanya program ini maka bisnis properti  akan semakin kembali bangkit dan bukan menjadi hal yang akan ditakuti lagi.

2. Menghasilkan tambahan penerimaan baru bagi kas negara.

Adanya wajib pajak yang tidak membayar pajak di Indonesia masih menjadi problem hingga saat ini. Hal ini mempengaruhi kondisi perekonomian negara karena tingkat penerimaan menjadi rendah. Dengan adanya program ini maka diharapkan efektifitas penerimaan pajak bisa menjadi lebih tinggi.

3. Membantu pemerintah dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Dengan adanya pengampunan pajak ini maka pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan tempat pendidikan, kesehatan, perumahan dan infrastruktur. Dana yang masuk melalui program ini dapat digunakan untuk membangun daerah – daerah yang masih tertinggal, serta diharapkan daerah – daerah yang belum terjamah bisa mendapatkan listrik dan  akses jalan demi terciptanya kemudahan bagi warganya untuk berpergian.

4. Dapat menjadi titik kebangkitan perekonomian Indonesia

Program ini dapat meningkatkan kepercayaan investor agar dapat menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini dapat menjadi titik kebangkitan perekonomian Indonesia sehingga perekonomian Indonesia dapat menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Itulah beberapa manfaat program Tax Amnesty bagi perekonomian Indonesia. Semoga dengan adanya program ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran bagi setiap wajib pajak agar senantiasa membayar pajak tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *