Makanan Daerah Asli Indonesia yang Bikin Batal Ke Luar Negeri

Siapa yang setuju jika Indonesia memiliki makanan daerah yang punya cita rasa sangat lezat? Setiap daerah di Indonesia punya berbagai macam makanan yang selalu bisa membuat betah tinggal di sini. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing selalu ada ciri khas makanan patut dan wajib buat dicoba. Nah, alih-alih ke luar negeri mending traveling ke seluruh daerah Indonesia saja supaya bisa mencicipi banyak makanan lezat. Nah, apa saja rekomendasi makanan yang bisa dicoba? Cek di bawah berikut!

1. Ayam betutu

Destinasi makanan daerah pertama ada di Bali, yaitu ayam betutu. Ayam ini sudah sangat terkenal kelezatannya bahan di lidah orang asing pun. Punya rasa pedas dan gurih karena percampuran antara rempah-rempah asli Bali dengan bumbu-bumbu lainnya membuat makanan satu ini sangat diminati banyak orang.

2. Bubur tinutuan

Dikenal dengan nama lain, yaitu bubur mana. Bubur satu ini berbeda dengan bubur lainnya karena rasanya yang cenderung datar, bubur ini punya rasa yang kaya. Isinya antara lain sayuran, ikan, dan lauk nabati. Makanan daerah asal Manado ini bakal buat Anda susah move ke bubur-bubur lainnya.

3. Gohu ikan

Dikenal juga sebagai sashimi, makanan daerah Ternate ini berbahan dasar ikan tuna yang dicampur dengan bumbu campuran garam, perasan lemon dan juga kemangi. Kemudian dilumuri tumisan dari minyak kelapa, bawah merah dan cabe rawit. Dan terakhir ditaburi dengan tumbukan kacang tanah goreng.

4. Papeda

Ingin merasakan makanan daerah Irian Jaya? Anda bisa coba papeda sebagai pilihan makanan tepat. Papeda merupakan bubur yang terbuat dari sagu dan disajikan dengan kuah ikan tongkol yang berbumbukan kunyit. Walau  rasanya yang tawar tapi kandungan serat dan nutrisinya sangat tinggi dan juga rendah akan kolesterol.

5. Gulai belacan

Anda pecinta seafood? Cobalah mencicipi makanan dari daerah Riau, yaitu gulai belacan. Menggunakan bahan seafood seperti udang dan lobster sebagai sebagai bahan utamanya. Kuahnya berasal dari bumbu terasi dan sayuran biasa. Pecinta terasi dan seafood harus mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *