Lakukan Kebiasaan Berikut Ini Untuk Mengatur Keuangan                

Mungkin anda pernah mendengar sebuah nasihat yang berbunyi, “kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita”. Terdengar sederhana memang, namun pada kenyataannya nasihat itu benar dan berdapmpak besar dalam kehidupan. Begitu pula dalam hal mengatur aliran keuangan setiap bulannya. Apapun yang kita lakukan akan mempengaruhi kondisi keuangan kita nantinya. Apakah akan menjadi kaya raya? Atau malah jatuh ke dalam kemiskinan. Nah jika tidak ingin mengalami situasi seperti yang terakhir, yuk kita mulai untuk menjalani kebiasaan yang baik dalam mengatur keuangan.

1. Menabung

Bayangkan jika pada saat ini kondisi keuangan yang kita miliki masih berantakan dan tidak stabil akibat terlalu boros dalam melakukan pengeluaran. Padahal kita telah memiliki penghasilan yang rutin setiap bulannya namun tetap tidak dapat menikmatinya karena selalu habis setiap akhir bulan. Kalau sudah seperti itu, apakah mau terus – terusan bertahan dengan kondisi seperti itu? Mulailah menabung dengan menyisihkan sekitar 10% dari pendapatan kita setiap bulannya, jika gaji kita besar maka ada baiknya jika persennya bisa dinaikan. Dijamin dengan cara mengatur keuangan yang seperti ini, masa depan anda akan lebih baik.

2. Belanja Cerdas

Hal ini wajib dilakukan oleh para wanita yang telah berkeluarga karena telah ada tanggungan lain yang harus diperhatikan selain diri sendiri. Selain itu adalah tugas seorang wanita nantinya untuk mengatur keuangan saat telah berkeluarga. Nafsu untuk berbelanja biasanya sangat besar pada wanita sehingga kerap kali tanpa sadar menghabiskan uang hingga ratusan bahkan jutaan rupiah hanya untuk berbelanja hal yang sebetulnya tidak penting.

3. Membuat List Pengeluaran Setiap Bulan

Cara mengatur keuangan yang satu ini sangat mudah dilakukan karena metodenya yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun. Tujuannya adalah agar pengeluaran dapat dikendalikan dan menghindarkan kita dari menghamburkan uang secara cuma – cuma.

4. Berinvestasi

Banyak orang yang takut untuk memulai berinvestasi karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Padahal saat ini telah banyak investasi yang hanya membutuhkan modal yang kecil namun dapat memberikan keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *