Kiat Tepat Mengumpulkan Uang Pensiun

Memasuki umur empat puluh tahun keatas biasanya orang akan mulai berpikir tentang masa pensiunnya serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan. Apa yang akan dilakukan saat pensiun nanti, bagaimana nasib keluarga dan diri sendiri nantinya, serta bagaimana menyiapkan uang pensiun yang akan digunakan untuk kebutuhan pensiun nantinya. Tak pelak banyak orang menjadi bingung dan tak siap untuk menjalankan pensiun mereka. Meningkatnya harga berbagai kebutuhan setiap tahunnya juga akan membuat proses persiapan uang pensiun menjadi semakin sulit. Bagi anda yang masih kesulitan atau tidak tahu bagaimana memulainya, cobalah untuk membaca ulasan di bawah ini dan semoga bisa membantu Anda disaat pensiun nanti.

1. Mulailah Saat Masih Muda

Kebanyakan orang yang waktu pensiunnya tidak tenang karena kendala keuangan, biasanya adalah mereka yang selalu menunda untuk mempersiapkan keuangan pensiun mereka. Maka dari itu mulailah saat kalian masih muda dan masih mampu untuk bekerja keras. Kumpulkan sedikit demi sedikit uang pensiun dan buatlah rekening khusus untuk menghindarkan kita mengambil dana tersebut. Bila perlu ikutlah program khusus dari bank yang akan secara otomatis mendebit uang dari rekening anda setiap bulannya tanpa anda perlu repot – repot mentransfer atau menyetor ke bank.

2. Pergunakan Dengan Baik Uang Tunjangan Dari Perusahaan

Uang pensiun dari perusahaan adalah hal yang wajib diberikan kepada setiap karyawan yang bekerja sebagai pegawai tetap selama minimal tahun yang telah ditentukan oleh perusahaan dimana mereka bekerja. Besarannya juga bervariasi tergantung dari gaji pokok yang biasanya diperoleh oleh sang pegawai. Masalah kerap timbul saat uang tunjangan dengan jumlah yang besar kita peroleh, biasanya orang akan tergoda menggunakannya untuk berforya  – foya  sehingga uang pensiun habis tak tersisa, untuk itu bijaklah dalam menggunakannya dan tahan godaan yang kerap kali muncul.

3. Sebisa Mungkin Hindari Hutang

Hutang adalah salah satu penyebab hancurnya kehidupan terutama saat masa tua datang. Hutang kerap kali membuat rencana keuangan yang telah disusun sedemikian rupa menjadi berantakan. Untuk itu hindarilah berhutang sebisa mungkin , namun jika sudah terlanjur mempunyai hutang maka segera lunasi agar jumlahnya tidak bertambah dan membuat kita kelak menjadi kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *