Jaminan Pensiun Serta Manfaatnya Untuk Kita Nanti

Pensiun merupakan kondisi yang pasti dihadapi bagi pekerja yang telah mencapai umur 55 atau maksimal 60 tahun. Pensiun biasanya tidak akan diperoleh bagi mereka yang resign sebelum masa kerjanya habis kecuali mereka mengajukan pensiun dini. Hal yang akan mereka dapatkan adalah jaminan pensiun yang berupa sejumlah uang yang memang merupakan hak mereka sebagi bentuk apresiasi atas hasil keras mereka selama ini. Di Indonesia sendiri telah ada undang – undang yang mengatur tentang masalah uang pensiun ini dan bila perusahaan atau institusi tempat mereka bekerja tidak memberikannya, maka perusahaan tersebut dapat terkena masalah hukum. Mengapa uang pensiun penting? karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari uang tersebut. Lalu apa saja kira – kira yang menjadi manfaat dari jaminan pensiun untuk masa tua kita nanti? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Untuk Kebutuhan Di Hari Tua

Saat tidak ada lagi gaji yang biasanya rutin di terima setiap bulan, jaminan pensiun akan menjadi sumber pemasukan untuk pemenuhan berbagai kebutuhan. Bayangkan saja jika kelak tidak ada pemasukan sama sekali, apalagi ditambah dengan semakin meningkatnya biaya untuk berbagai hal, maka kehidupan mereka akan rawan terkena masalah dan dapat merusak masa depannya.

2. Modal Untuk Keperluan Bisnis

Membuka usaha pastilah memerlukan modal, mungkin saat kita masih bekerja modal untuk usaha masih bisa kita dapatkan dengan mudah karena adanya gaji yang bisa kita sisihkan. Namun bagaimana saat sudah tidak ada lagi gaji yang diperoleh? Jaminan pensiun adalah jawabannya. Modal ini nantinya bisa digunakan untuk membuka bisnis makanan atau ukm sehingga keuangan bisa tetap berputar. Bagi yang tidak tertarik berbisnis, uangnya bisa digunakan untuk berinvestasi seperti contohnya reksadana yang akan dikelola oleh manajer reksadana sehingga produk yang kita beli bisa aman dan terjamin.

3. Pelindung Dari Resiko Yang Dapat Terjadi

Musibah dapat terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa ada yang tahu, untuk mempersiapkan dan mengurangi dampak yang dapat terjadi maka jaminan pensiun wajib dimiliki. Biaya kesehatan yang semakin besar adalah salah satu alasannya, karena jika dana untuk pensiun digunakan untuk keperluan yang lain maka akan mempengaruhi cash flow yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *