Jaminan Kecelakaan Dan Manfaatnya

Salah satu cara yang bijaksana untuk mempersiapkan diri menghadapi segala resiko terburuk di masa depan adalah dengan mendaftarkan diri Anda dalam program asuransi. Salah satu asuransi yang melengkapi jaminan kesehatan dan jiwa adalah jaminan kecelakaan. Banyak perbedaan antara asuransi jiwa, kesehatan, dan kecelakaan yang tidak banyak diketahui orang sehingga menimbulkan salah pengertian yang berujung kerugian. Padahal perbedaannya cukup vital yaitu mencakup segi premi yang dibayarkan, manfaat, serta cakupannya. Berikut ini adalah manfaat jaminan kecelakaan dan perbedaannya dengan asuransi jenis lain.

1. Jaminan Kecelakaan vs Jaminan Jiwa

Secara umum jaminan jiwa hanya mencakup kompensasi atas ganti rugi yang ditimbulkan akibat kematian, hal ini sama dengan asuransi kecelakaan yang juga memberikan kompensasi untuk kematian namun perbedaannya adalah jaminan kecelakaan juga memberikan santunan untuk biaya perawatan bagi korban kecelakaan yang mengalami cacat fisik. Cacat ini sifatnya bisa sementara atau permanen dan keduanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Hal ini sangat membantu nasabah terkait yang mempunyai utang atau tanggungan yang harus dibayarkan, sementara dia tidak dapat melakukan pekerjaannya akibat kecelakaan yang dialaminya. Pastikan juga bahwa uang pertanggungan yang diberikan pihak penanggung adalah sekitar 40 – 50 gaji bulanan.

2. Jaminan Kecelakaan vs Jaminan Kesehatan

Kedua jenis jaminan ini sebetulnya tidak jauh berbeda dari segi manfaat, karena jaminan kesehatan juga memberikan kompensasi untuk biaya rumah sakit dan obat. Perbedaannya adalah tanggungan asuransi kesehatan tidak sekomprehensif asuransi kecelakaan diri. Contohnya, dalam jaminan kesehatan penyakit kritis, maka pasien harus hidup dalam jangka waktu minimum (40 – 100 hari) setelah diagnosis penyakit kritis untuk bisa mengklaim manfaat dalam asuransi ini. Juga, sebagian besar skema asuransi kesehatan tidak menawarkan kompensasi untuk hilangnya pendapatan. Itulah sebabnya, asuransi kecelakaan diri merupakan jembatan atau penghubung antara polis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Itulah beberapa perbedaan jenis asuransi dan manfaat dari masing – masing jenis yang ada. Cermati dan pahami detail dari setiap jenis dan perjanjian yang dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi dan kerugian di masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *