Inovasi Sosial Paling Berpengaruh di Dunia

Seiring berkembangnya jaman, banyak perubahan yang terjadi karena inovasi sosial yang bermunculan. Sebagian besar inovasi dilahirkan dari bidang teknologi dan mempunyai dampak yang begitu signifikan dalam kehidupan manusia. Hal ini didukung pula oleh antusiasme yang tinggi dari para wirausaha muda yang ditunjukan dengan banyaknya jenis wirausaha di bidang teknologi. Berikut adalah beberapa inovasi sosial yang paling berpengaruh di dunia.

1. Telepon

Johann Phillip Reis menciptakan telepon pada tahun 1860 dan masih berbentuk sangat sederhana. Prinsipnya adalah alat elektromagnetik yang dapat mengirimkan suara yang jelas dan dapat dipahami secara dua arah. 16 tahun kemudian Alexander Graham Bell mendapatkan paten pertama untuk menciptakan telepon yang sukses secara komersial. Motorola akhirnya merilis telepon genggam pertama pada tahun 1973.

2. Komputer

Tahun 1436 Guttenberg mengembangkan dan menciptakan mesin tik pertama yang dapat memproduksi buku secara massal hingga ke seluruh dunia. Setengah abad kemudian salah satu perusahaan besar di bidang teknologi yaitu D-Wave menciptakan inovasi computer kuantum pertama yang dapat memecahkan berbagai problem digital dengan kecepetan dan keakuratan ribuan kali lebih cepat dari pada computer biasa.

3. Internet

ARPANET merupakan internet pertama yang ada di dunia yang di kembangkan oleh Advanced Research Project Agency (ARPA) pada tahun 1969. Tujuan dari internet pada saat itu adalah untuk menghubungkan antara satu computer dengan computer lainnya secara global demi kepentingan pengirimian data atau berkas agar lebih cepat dan efisien. Pada 1991 tercipta Hypertext Transfer Protocol (HTTP) oleh Tim Berners-Lee, yang memungkinkan pembuatan sebuah jaringan dari dokumen “hyperlink”. Tahun 1992 di University of Illinois para peneliti mengembangkan sebuah browser yang sangat user friendly bernama NetScape untuk menggunakan World Wide Web. Saat ini internet banyak digunakan untuk sarana wirausaha sosial.

4. Sepeda

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan. Sekarang telah tercipta sepeda lipat yang dapat dibawa kemana – mana sehingga lebih praktis dan aman. Inovasinya pun semakin banya dan menarik sehingga sepeda masih eksis digunakan saat ini terutama di kota – kota besar yang padat penduduknya.

Itulah beberapa inovasi sosial paling berpengaruh di dunia, masih banyak inovasi sosial yang sedang dikembangkan sampai saat ini. Adalah tugas generasi muda untuk tetap menciptakan dan mengembangkan inovasi yang menarik dan unik kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *