Ini Dia Tempat – tempat di Indonesia Yang Rawan Terjadi Kecelakaan

Predikat Indonesia sebagai Negara berkembang membuat masih rendahnya kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam mengemudi. Ini dibuktikan dengan masih tingginya angka kecelakaan selama beberapa tahun ini, yang semakin diperparah dengan kondisi jalanan yang sulit dan berbahaya serta masih kurangnya peraturan dan rambu lalu lintas yang ada. Berikut ini adalah tempat – tempat yang disebut sebagi lokasi rawan kecelakaan.

1. Jalur Pantura

Jalur yang terkenal di kalangan pemudik dan pengemudi bis ini telah memakan banyak korban jiwa sejak awal pembangunannya di jaman pendudukan Belanda pada tahun 1808, dibawah kepemimpinan Herman Willem Daendels. Jalur yang membentang dari Anyer hingga Panarukan ini awalnya dibangun sebagai strategi pertahanan untuk mempertahankan pulau Jawa dari serbuan Inggris. Sejak itu Pantura terus berkembang hingga saat ini, bahkan telah sampai ke Banyuwangi atau ujung pulau Jawa bagian timur. Pantura sendiri merupakan singkatan dari Pantai Utara, karena jalur ini memang terletak di bagian utara pulau Jawa dan berdekatan dengan pantai. Jalur Pantura menjadi jalur yang rawan akan kecelakaan karena kondisi jalannya yang kurang baik seperti banyak lubang disana – sini, serta kontur jalan yang tidak rata sehingga banyak pengemudi seringkali tidak dapat mengendalikan kendaraannya. Selain itu pantura juga terletak di daerah padat pemukiman sehingga sering ada yang namanya pasar kaget dan orang – orang yang menyebrang tidak pada tempatnya.

2. Tol Cipularang

Jalan Tol ini terkenal rawan kecelakaan karena banyaknya kecelakaan yang terjadi bahkan hingga merenggut istri pemain sinetron dan penyanyi terkenal Saiful Jamil. Cipularang merupakan singkatan dari Cikampek – Purwakarta – Padalarang, membentang sepanjang 54 kilometer dan menghubungkan kabupaten Bandung dan Purwakarta. Jalan tol ini dibangun di daerah pegunungan sehingga jalannya naik – turun dan mempunyai banyak jembatan untuk dilalui. Titik kilometer 90 – 100 adalah bagian rawan kecelakaan dari tol Cipularang, dimana pada titik tersebut arus kendaraan dari arah Jakarta akan disambut dengan tanjakan tinggi dan sebaliknya dari arah Bandung akan mengalami turunan panjang

Itulah dua dari sekian banyak jalan terkenal yang rawan kecelakaan di Indonesia. Diharapkan pemerintah bisa membuat jalur – jalur tersebut menjadi lebih aman serta jauh dari kata rawan kecelakaan dan juga para pengemudi juga diharapkan lebih berhati – hati . Lengkapi juga perjalanan anda dengan asuransi kecelakaan yang bisa anda lihat pada website ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *