Ini dia Investasi Jangka Panjang untuk Anda Mulai

Ada dua jenis investasi yang sangat umum di dunia yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan namun itu semua tergantung tujuan dan kenyamanan dari investor itu sendiri untuk menjalaninya. Investasi jangka panjang biasanya memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan investasi jangka pendek. Inilah beberapa jenis investasi jangka panjang yang dapat anda mulai.

1. Air Bersih

Mungkin belum banyak yang sadara jika air bersih di bumi semakin berkurang dan sulit dicari setiap harinya. Ini merupakan sebuah peluang untuk jangka panjang jika suatu saat nanti air bersih benar – benar langka. Belilah lahan yang masih subur vegetasinya dan masih subur tanahnya. Jaga agar tetap terawat sehingga air bersih yang terkandung dalam lahan tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama.

2. Saham

Tak dapat dipungkiri bahwa saham merupakan bentuk investasi yang paling populer sedari dulu. Pilihannya yang bervariatif dan menarik tentunya akan menarik investor untuk melakukan investasi. Namun perlu diketahui jika ini adalah bentuk investasi yang paling tidak stabil karena sewaktu – waktu nilainya bisa jatuh lalu tiba – tiba naik kembali. Perlu kecermatan dan pengetahuan yang tinggi akan jenis saham yang akan dibeli.

3. Properti

Dengan semakin banyaknya jumlah penduduk terutama yang menghuni kota besar, maka sudah pasti membutuhkan sarana untuk tinggal, beraktifitas, dan berbisnis. Tingkat laju ekonomi dan pertumbuhan penduduk yang tinggi pastinya membuat sektor properti dibutuhkan dan diminati. Lakukan survey mendalam tentang suatu properti dan lihat prospek ke depannya apakah menguntungkan atau tidak. Jika tidak menguntungkan pun masih tetap tidak apa – apa jika anda memutuskan untuk membelinya karena akan menjadi pegangan dikala anda membutuhkan dana atau tempat tinggal lain.

4. Obligasi

Obligasi merupakan bentuk investasi yang sangat baik karena hal ini cenderung jauh lebih stabil dibandingkan rata-rata saham. Obligasi dengan jangka waktu 10 tahun atau jatuh tempo lebih tinggi juga cenderung memberikan hasil yang lebih baik daripada yang telah ditetapkan mendatang disebabkan oleh sebelumnya. Ini tidak hanya menyediakan anda jaminan jangka panjang yang baik, tetapi juga sangat mengurangi faktor resiko anda. Untuk itu, obligasi akan selalu menjadi salah satu pilihan berinvestasi yang patut anda coba.

Itulah beberapa jenis investasi yang dapat Anda mulai sebagai tabungan untuk masa depan anda. Yang terpenting adalah tetap berhati – hati dalam mengambil keputusan dan rencanakan dengan baik agar tidak membuat anda rugi. Anda juga dapat melihat beberapa tips berinvestasi di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *