Ini Dia 3 Penyebab Kecelakaan Mobil di Dunia

Beberapa tahun belakangan ini di Indonesia kerap kali terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit. Bahkan menurut data dari Analisa dan Evaluasi Laka Lantas tahun 2015 – 2016, terjadi peningkatan sekitar 148% atau sekitar 74 kejadian pada tahun 2016. Ini tentunya menimbulkan keprihatinan karena yang diharapkan adalah penurunan jumlah laka lantas bukan malah peningkatan. Berikut ini adalah 5 penyebab kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan roda 4.

1. Bermain Handphone

Saat ini bisa dibilang handphone adalah salah satu benda wajib yang pasti selalu dibawa ke manapun dan tidak boleh ditinggal, bahkan saat menyetir. Yang terjadi pada umumnya adalah perhatian pengendara menjadi teralihkan untuk mengangkat panggilan telepon, mengirim pesan, bahkan meng-update status di media sosial. Inilah penyebab kecelakaan yang sering disepelekan oleh pengemudi. Selain berbahaya untuk diri sendiri, menggunakan handphone saat menyetir akan membahayakan penumpang di dalam mobil Anda, pengendara lain, sampai pejalan kaki. Jika memang Anda harus menelepon seseorang atau menerima telepon, cobalah menepi sebentar atau menahan untuk melakukan panggilan telepon saat tiba di tujuan.

2. Mengantuk

Saat tubuh manusia terlalu lelah, otomatis tubuh akan melakukan mekanisme alami untuk memberi tanda bahwa tubuh butuh istirahat, seperti contohnya mengantuk atau dapat juga kehilangan konsentrasi. Mengantuk merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbesar di seluruh dunia. Usahakan jika mengantuk, segeralah menepi untuk beristirahat, atau dapat juga lakukan peregangan tubuh agar bisa segar kembali.

3. Mengabaikan Rambu dan Peraturan Lalu Lintas

Penyebab kecelakaan lainnya adalah karena peraturan yang ada tidak diindahkan oleh pengemudi. Peraturan dan rambu di buat sejatinya agar jalanan lancar dan para pengemudi bisa senantiasa selamat selama perjalanan. Namun tak sedikit pengemudi yang tergesa – gesa dan mengabaikan rambu yang ada hingga akhirnya mengalamin kecelakaan. Ini tentunya tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain di sekitar mereka. Untuk itu sebaiknya selalu waspada saat dijalan dan ikuti peraturan yang ada.

Itulah beberapa penyebab utama kecelakaan lalu lintas dan solusi yang ada agar Anda tidak mengalami kecelakaan. Selain itu penting pula untuk mendaftarkan diri dan kendaraan Anda dalam asuransi kecelakaan agar terhindar dari resiko – resiko yang akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *