Hindari Melakukan Kesalahan Finansial Berikut Jika Ingin Menjadi Kaya

Menjadi seseorang yang mapan dan kaya secara finansial adalah keinginan banyak orang. Banyak hal yang tentunya dapat kita lakukan ketika kondisi finansial kita memadai. Kondisi keuangan yang stabil dan memadi dapat mencukupi pemenuhan kebutuhan pribadi sehari – hari, bahkan kita dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Namun untuk menjadi kaya dan mapan tidak semudah seperti membalik telapak tangan, banyak hal harus kita persiapkan dan lakukan untuk dapat mencapainya. Salah satu caranya adalah dengan memulai serta menghindari berapa kebiasaan yang dapat membuat kita semakin jauh dalam meraih kemapanan secara finansial.

1. Tidak Menabung

Menabung adalah salah satu cara untuk menghargai segala usaha dan jerih payah yang telah kita lakukan selama ini dan menghindari kesalahan finansial dikemudia hari. Dengan menabung maka kita sudah mempersiapkan dana untuk masa depan dan untuk hal – hal penting dan sifatnya mendesak. Jangan seperti kebanyakan orang yang menabung di akhir bulan dengan uang sisa mereka, tapi tabunglah di saat anda mendapatkan gaji dan setelah membayar semua cicilan atau kewajiban. Untuk nominalnya bisa disesuaikan tergantung gaji masing – masing, misalkan 10% atau 20%.

2. Sering Berhutang

Kesalahan finansial nomor dua adalah hutang. Banyak orang yang terlilit hutang untuk hal yang sebetulnya tidak penting. Kebanyakan orang terlilit hutang dari kartu kredit karena tidak dapat menahan nafsu untuk berbelanja atau karena gengsi dan ingin memenuhi lifestyle mereka. Berhutang sebetulnya boleh namun hanya untuk hal – hal yang penting saja seperti KPR atau untuk modal usaha namun perlu juga adanya kemampuan membayar agar tidak susah nantinya.

3. Sering Jajan

Malu untuk membawa bekal ke kantor dan pada akhirnya malah menghamburkan banyak uang untuk makanan yang mahal namun belum tentu lezat dan sehat? Mungkin itu tandanya anda sedang melakukan kesalahan finansial. Hindari kebiasaan itu, hindari rasa gengsi atau malu, makanan yang dimasak dirumah oleh isteri atau ibu, jauh lebih sehat dan nikmat dibanding makanan apapun yang ada di dunia ini.

itulah beberapa kesalahan finansial yang dapat terjadi jika anda tidak berhati – hati. Banyak hal – hal kecil yang kita perbuat tanpa kita sadari, namun ternyata merupakan kesalahan finansial yang begitu besar dampaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *