Dua Model Bisnis yang Bisa Menjadi Peluang Usaha

Bisnis mandiri atau membangun bisnis sendiri kian popular di kalangan masyarakat sebagai tulang punggung penghasilan keluarga. Pasalnya dengan mebangun atau menciptakan bisnis yang akan dikelola sendiri, kreatifitas dan insting survival dari manusia akan keluar secara alami. Namun, semakin banyak peminat bisnis mandiri, semakin banyak pula model bisnis tercipta. Sebagain dari mereka membuat model bisnis yang sudah ada, namun, sebagain adari mereka membuat model bisnis baru yang masih jarang ditekuni oleh pemain bisnis lainnya. Model bisnis yang sedang naik daun adalah bisnis mengutamakan skill dan kreativitas dalam mengerjakannya, seperti barbershop, rumah makan atau kedai, coffeshop, hingga kerajinan tangan.

Jika seseorang ingin memasuki model bisnis tersebut, maka persaingan dengan pelaku bisnis serupa akan sulit. Apalagi, jika pesaing bisnis tersebut sudah memiliki nama yang besar dan dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu solusi untuk menciptakan bisnis baru yang unik adalah dengan berinovasi. Manambahkan value added terhadap suatu barang dapat memberikan keunikan dari produk yang dijual nantinya. Berikut adalah model bisnis yang bisa anda tekuni sebagai peluang usaha.

1. High Quality Kebab

Terinspirasi dari banyaknya kedai makanan kebab yang terdapat pada kota Lille, Perancis, bisnis kebab nampaknya sungguh menjanjikan. Walaupun di Indonesia sudah banyak bermunculan berbagai macam restaurant kebab, namun model dan cara penyajiannya sama, sehingga tidak terdapat keunikan. Salah satu toko kebab yang terkenal di kota Lille adalah GUR Kebab. Restoran kebab ini menampilkan pemotongan daging kebab secara langsung menggunakan mesin. Dagingnya pun sangat juicy dan asli, selain itu memiliki roti yang bermacam-macam. Roti tersebut diantaranya adalah roti gallete, baguette, dan tortilla. Dengan berbagai macam pilihan saus dan sayuran. Kebab yang hanya berisikan daging dan sayur dapat menambahkan nilai jual yang tinggi.

2. Woodworker

Terinspirasi dari banyaknya video youtube yang berteme DIY atau “do it yourself”, maenjadi seorang tukang kayu bisa menjadi peluang usaha. Dengan bermodal inspirasi video dari youtube dan kreatifitas yang dimiliki, menjadi tukang kayu yang tidak biasa bisa membuat sukses. Mengingat banyaknya pengrajin kayu di Indonesia, dengan menambahkan keistimewaan atau keunikan pada produk kayu tersebut, market akan berminat untuk membeli produk tersebut. Memngingat juga bahwa banyak orang yang berminat memiliki perabot rumah dari kayu seperti, meja, kursi, tempat tidur, kursi meeting berbahan kayu dan oraganik, maka market dari produk ini sangatlah besar.

Itulah dua model bisnis yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai usaha. Jangan khawatir untuk mempromosikan barang anda. Dengan adanya teknologi, anda bisa memasarkan produk tersebut secara online, seperti yang tertulis pada artikel ini. Dengan memiliki bisnis sendiri, anda tidak hanya mampu berkreasi, namun anda sudah membantu untuk mendukung perekonomian negara dan membuka lapangan pekerjan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *