Cara Mempersiapkan Keuangan Pensiun Sejak Muda

Masa muda adalah saat dimana kita bisa melakukan berbagai macam pekerjaan karena masih banyaknya waktu dan tenaga yang dibutuhkan sehingga dapat menghasilkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Selain untuk kebutuhan harian, ternyata ada satu lagi hal penting yang wajib dipersiapkan yaitu keuangan pensiun. Mengapa keuangan pensiun penting untuk dipersiapkan? Bayangkan jika nanti kita sudah tua dan tidak bekerja lagi, otomatis tidak ada penghasilan yang biasanya rutin kita peroleh setiap bulannya padahal masih ada kebutuhan untuk keluarga yang harus dipenuhi. Dengan adanya dana pensiun, maka kita tidak perlu khawatir karena masih ada uang yang bisa kita gunakan untuk hari tua kita. Bagi kalian yang masih bingung cara untuk mengatur keuangan pensiun, lihat cara – cara dibawah ini yuk.

1. Mulai Dari Sekarang

Kebiasaan menunda adalah salah satu penyebab mengapa banyak orang terlambat untuk menyiapkan keuangan pensiun. Biasanya setelah membuat target, banyak dari kita yang tergoda untuk menggunakan uang kitademi hal lain yang sifatnya hanya sementara atau hanya keinginan semata. Maka dari itu mulailah untuk menabung untuk keuangan pensiun kita mulai dari sekarang. Sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan yang kita peroleh setiap bulannya dan masukan kedalam rekening khusus seperti tabungan pensiun atau tahapan berjangka yang mempunyai jangka waktu tertentu sebelum kita bisa mencairkan dana yang ada.

2. Rinci Pengeluaran Setiap Bulan

Seringkali kita lupa diri saat gajian, sehingga tanpa sadar gaji kita ludes tanpa sisa di akhir bulan. Ternyata, penelitian yang dilakukan oleh pakar – pakar keuangan di dunia menyebutkan bahwa hal – hal kecil yang kita beli setiap hari, adalah penyebab terbesar yang membuat keuangan kita kering. Untuk itu catatlah semua pengeluargan kita setiap harinya dan lakukan ulasan di akhir bulan sehingga kita bisa melihat kemana uang kita mengalir.

3. Lunasi Hutang

Masa pensiun akan sangat terganggu jika masih ada hutang yang menghantui kita. Untuk itu sebelum mulai menabung dana pensiun, lunasilah semua hutan yang kita miliki sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, apalagi jika hutang tersebut mempunyai bunga.

4. Investasi

Investasi adalah salah satu cara cerdas untuk memperoleh pendapatan pasif dalam kurun waktu tertentu. Berinvestasilah di produk yang bersifat jangka panjang serta mempunyai track record yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *