5 Tips Sukses Cari Kerja Pertama untuk Fresh Graduate

transfer-uang-lewat-alfamart
Transfer Uang Lewat Alfamart

Apakah Anda baru saja lulus kuliah ? Hal pertama yang Anda lakukan pastilah menyiapkan diri untuk cari kerja. Tetapi cari kerja sering kali bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali lulusan perguruan tinggi yang akhirnya harus menganggur terlebih dahulu selama beberapa saat lantaran belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Ada paling tidak 3 tips yang patut Anda ikuti agar bisa sukses mencari kerja yang pertama.

Jejaring

Jejaring dapat dipastikan menjadi cara yang ampuh bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Semakin banyak orang yang Anda mintai bantuan, maka semakin besar juga kesempatan Anda untuk memperoleh sesuatu yang Anda inginkan. Bicaralah kepada banyak orang dan tunjukkan rasa penasaran dengan pekerjaan mereka.

Manfaatkan media sosial

Banyak cerita menyeramkan tentang orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan lantaran unggahan mereka di media sosial. Tetapi, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan platform ini untuk menunjukkan diri bahwa Anda adalah kandidat yang cocok untuk sebuah pekerjaan. Jika Anda memiliki ketertarikan besar pada sebuah perusahaan yang dilamar pekerjaan di dalamnya, tunjukkan hal ini dengan turut terlibat di platform yang mereka gunakan. Sekarang ini cukup banyak manajer HR yang menelisik akun media sosial kandidat untuk mendapatkan kesan pertama tentang orang yang akan mereka temui, dan mereka bisa langsung melihat apakah Anda benar-benar tertarik dengan brand atau perusahaan itu. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda dalam cari kerja.

Latihan wawancara kerja

Bila Anda sedang cari kerja pertama, barangkali Anda belum pernah menghadapi situasi wawancara kerja. Oleh sebab itu, berlatihlah dan bayangkan seolah-olah Anda sedang menjalani wawancara. Pada dasarnya wawancara itu sebenarnya tidaklah menyeramkan. Bila Anda diundang untuk menjalani sebuah wawancara, itu artinya perusahaan dapat melihat potensi Anda. Ada manfaatnya berlatih keterampilan wawancara kerja dengan orang lain sebelum wawancara yang sebenarnya untuk bisa mengurangi rasa gugup. Mulailah untuk menyusun beberapa jawaban yang konkrit dan ringkas untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *