5 Menu Buka Puasa Tradisional Ala Indonesia

Menyambut bulan puasa yang sebentar lagi akan tiba, sudah banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh umat muslim untuk menyambut bulan yang suci ini. Bulan ramadhan identik dengan berbagi makanan tradisional yang selalu hadir menemani sebagai menu buka puasa. Menu makanan tersebut berasal dari berbagai macam daerah dengan keunikan rasa makanannya masing-masing. Misalnya beberapa makanan untuk berbuka puasa di bawah ini!

1. Bubur kampiun

Bubur ini adalah menu buka puasa yang berasal dari daerah Minangkabau. Menu ini selalu hadir sebagai makanan iftar. Banyak orang menyebutnya dengan panggilan bubur campur karena isiannya yang banyak dan lengkap. Rasanya manis karena terdiri dari bubur sumsu, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima, dan ketan hitam. Karena rasanya ini juga bukan hanya orang Minangkabau saha yang menyukainya tetapi juga  banyak orang.

2. Sate susu

Dari pulai dewata juga memiliki menu buka puasa yang tak kalah lezatnya. Di Bali ada sate yang disebut sate susu. Ehh, bukan dari susu ya tapi maksudnya sate yang terbuat dari bagian susu sapi. Bisanya makanan ini dibumbui dengan bumbu khas Bali. Jangan khawatir karena banyak pedagang yang menjualnya di pasar-pasar saat menjelang berbuka.

3. Ketan bintul

Ada menu buka puasa dari Serang yang patut Anda coba, yaitu ketan timbul. Sajian ini selalu hadir saat ramadhan tiba dan menjadi salah satu makanan yang paling wajib untuk dicoba. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas jadi cocok dibuat sebagai sajian berbuka.

4. Jojokong

Orang Lampung pasti sudah tidak asing lagi dengan menu makanan jojokong. Jojokong adalah menu khas Lampung yang biasa dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Rasanya mirip dengan bubur sumsum dengan rasa manis dan gurih percpmuran antara gula merah dan santan. Jojokong ini adalah menu warisan Tionghoa yang selalu jadi favorit saat puasa.

5. Bongko kopyor

Bongko kopyor adalah sajian ala kota Gresik yang sangat mudah untuk ditemui di bulan ramadhan. Tak berbeda jauh dengan kue tradisional lainnya, tetapi kue ini memiliki tampilan yang lebih mewah karena isinya lengkap. Terdiri dari tepung terigu, kelapa muda, nangka, roti tawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *