4 Kue Basah Tradisional Paling Dicari

Bukan hanya kaya akan kuliner yang sering dijadikan menu utama seperti lauk dan olahan nasi, Indonesia juga memiliki berbagai macam pilihan cemilan seperti kue tradisional dari setiap daerah yang berbeda. Berikut ini rangkuman kue basah tradisional paling diminati karena rasanya yang enak dan cara membuatnya yang terbilang mudah.

1. Kue Lumpur

Kue basah tradisional yang berbahan dasar kentang sebagai campurannya ini mempunyai ciri khas kismis yang di taruh diatasnya. Selain kentang, bahan lain yang digunakan di dalam pembuatannya antara lain tepung terigu, santan dan telur. Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut di luar dan sedikit kering pada bagian luarnya.

2. Bolu Kukus

Seperti Namanya, proses pembuatan bolu ini memang tidak di panggang melainkan di kukus. Disajikan dalam cetakan khusus bolu kukus, bagian atas bolu akan mengembang seperti bunga. Anda pun dapat menambahkan pewarna untuk mempercantik tampilan bolu sekaligus memberi rasa dengan menambahkan essence cokelat, stroberi atau pandan.

3. Kue Cubit

Beberapa orang meyakini bahwa nama kue ini berasal dari proses pembuatannya yang dicubit. Karena bahan adonan kue  dimasukkan ke dalam cetakan-cetakan kecil untuk dimasak. Setelah matang, pedagang kue dengan rasa manis ini akan ‘mencubit’ kue-kue tersebut menggunakan alat pencapit untuk mengambilnya dari cetakan. Dari sanalah istilah ‘kue cubit’ berasal. Kue lezat satu ini sudah mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai macam varian rasa  yang menjadi inovasi para penjualnya. Bukan hanya diberi taburan keju atau meses, sekarang ini kue dengan banyak bentuk ini pun memiliki banyak varian topping seperti greentea, oreo sampai dengan toblerone.

4. Kue Cucur

Kue cucur, kue basah tradisional ini dibuat dengan cara di goreng sehingga menghasilkan tekstur kue  garing dan berserat di sekitar pinggirnya dan kenyal dan mengembang di bagian tengah. Adonan kue biasanya terbuat dari tepung beras ini juga dicampur dengan gula merah agar menghasilkan warna kue yang cokelat kemerahan serta untuk memberikan rasa manis pada kuenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *