4 Langkah Jitu dalam Memulai Bisnis UKM

Bisnis UKM merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi penyangga perekonomian negara. Bahkan bisnis dalam level usaha kecil menengah ini cenderung tahan akan krisis. Jika ada krisis yang melanda, maka UKM adalah salah satu yang sangat kuat daya tahannya. Bisnis kecil dalam level mikro memang hanya menangani beberapa proyek bisnis dalam level kecil saja sehingga proses dan kebijakannyapun tidak begitu sulit. Nah, bagi anda yang tertarik untuk terjun ke dalam dunia bisnis UKM dan aksi sosial, maka ada baiknya kalau anda mengetahui beberapa langkah jitu yang harus dilakukan. Semuanya dengan tujuan agar proses pembentukan UKM anda sesuai dengan harapan dan bisa maju serta berkembang.

Pencarian Ide

Sebelum memulainya, anda perlu mencari ide terlebih dahulu. Ide adalah bagian penting yang menjadi bagian dari perencanaan. Kenapa harus direncanakan? Jelas harus, karena jika tidak direncanakan dengan baik, maka perjalanan bisnis tidak akan berjalan dengan baik pula. Kalaupun anda menargetkan untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis di level UKM ini, tentu tak akan mungkin didapatkan jika anda tidak merencanakan. Adapun sebaik-baiknya perencanaan adalah dimulai dari pencarian ide usaha apakah yang akan kita ambil.

Pencarian Modal

Langkah selanjutnya adalah bagaimana kita mencari modal. Modal ini menjadi bagian yang sangat penting sekali karena memang segala sesuatu hal yang berhubungan dengan bisnis akan selalu berkaitan erat dengan modal khususnya (capital) dalam bentuk uang. Modal untuk UKM memang biasanya tidak begitu besar namun khusus untuk kalangan masyarakat, tentu saja itu akan sangat besar dan tidak mudah untuk mendapatkannya. Maka dari itu ada banyak pola pencarian modal yang bisa dilakukan dari mulai mengajukan pinajaman atau beberapa cara yang lainnya.

Perancangan Produk

Selanjutnya perancangan produk juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan. Hal ini menjadi bagian utama ketika kita akan mulai terjun dalam bisnis UKM. Sebagaimana kita tahu bahwa jika ada banyak produk yang sama seperti yang akan kita buka dalam usaha kita, maka diperlukan usaha untuk menentukan strategi jitu. Strategi jitu itu akan sangat membantu dalam mendapatkan peluang pasar yang tepat. Pastikan untuk membuat produk yang memiliki kelebihan dibanding dengan produk lain.

Penentuan Tempat dan Prosedur Pemasaran

Display produk yang akan ditawarkan juga memegang peranan penting. Hal itu berhubungan dengan tempat dimana kita akan memajangkan produk itu. Karena kita saat ini hidup di era digital internet, maka kita bisa dengan mudah sebetulnya memajangnya di internet. Hal itupun berhubungan dengan teknik pemasaran yang akan kita lakukan. Teknik pemasaran tersebut memang berhubungan juga dengan internet sebagai media online yang kini banyak digunakan. Dalam penentuan tempat, kita bisa dengan mudah dan fleksibel misalnya menyewa ruko atau toko, atau mungkin di rumah saja jika memang pemasaran dilakukan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *