4 Kuliner Indonesia yang Wajib Dicicipi Sekali Seumur Hidup

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak makanan khas negara lain yang masuk dan menginvasi makanan di Indonesia. Seperti burger, pizza, pasta, pastry, dll yang membuat banyaknnya kuliner Indonesia tersaingi. Tetapi ada beberapa kuliner Indonesia yang masih tetap bisa bertahan hingga saat ini dan masih banyak pedagang yang menjualnya. Bahkan ada beberapa yang mendunia karena rasanya yang sangat lezat. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan asli Indonesia yang wajib dicicipi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Nasi Jamblang Cirebon

Nasi ini adalah makanan yang bersal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Tepatnya berasal dari desa Jamblang. Tetapi sama sekali tak ada hubungannya dengan pohon jamblang ya. Nasinya terdiri dari nasi putih, sambel goreng, tahu, sayur, paru-paru, semur hati, daging, perkedel, telur dadar, sate kentang, semur ikan, tempe dan telur sambal goreng. Awal sejarahnya adalah nasi jamblang ini diperuntukan untuk para pekerja zaman Belanda yang bekerja untuk membangun jalan raya Deandles dari Anyer ke Panarukan. Kuliner Indonesia yang punya rasa campur aduk ini wajib untuk dicicipi.

2. Nasi kapau

Nasi kapau atau biasa dikenal dengan nama nasi ramer khas Kapau, Tilatang, Agam Sumatera Barat ini terbuat dari nasi putih, sambal, cubudak, gulai tunjang, gula babek, gulai cancang, dan gulai sayur. Dan yang menjadi ciri khas kuiner Indonesia ini adalah gulai nangkanya. Gulai nangka adalah gulai yang dimasak dengan santan dan cenderung encer dan lengkap dengan kacang panjang, rebung, kol, pakis, jengkol, gulai usus dan campuran telur ayam dan tahu yang dimasukan kedalam usus sapi. Biasanya disajikan juga dengan ayam goreng sebagai pendamping.

3. Nasi liwet

Nasi liwet memang sudah terkenal sudah sebagai salah satu kuliner Indonesia paling terkenal tetapi jangan sampai melewatkan nasi liwet asal solo ini. Apa bedanya? Nasinya memiliki tekstur yang agak pulen dan punya rasa gurih karena campuran santai kelapa. Dimasak bersama santan sampai setengah matang kemudian dikukus sampai matang seperti memasak nasi biasa. Disajikan bersamaan dengan opor ayam, pindang, sayur, dan labu siap dan juga dibungkus dengan daun pisang sehingga aroma menjadi sedap alami.

4. Nasi krawu

Kuliner Indonesia selanjut yang harus dicicipi adalah nasi krawu asal Gresik. Krawu berasal dari kata krawuk yang berarti mengambil dengan tangan. Karena kebanyak penjual menyiapkan dan menyajikan makanan ini dengan menggunakan tangan. Nasinya dilengkapi dengan 3 jenis serungdeng, yaitu serundeng kuning dengan cita rasa manis, serundeng dengan rasa pedas, dan serundeng hitam yang punya rasa gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *