4 Faktor ini Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Pertumbuhan ekonomi indonesia disebut-sebut mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Hal ini menjadi berita baik bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya pertumbuhan suatu ekonomi adalah proses dimana adanya perubahan kondisi perekonomian suatu negara dalam waktu tertentu. Ketika ekonomi meningkat maka ada beberapa faktor yang ikutan meningkat juga, diantaranya faktor perdangangan, pertanian, industri pengolahan, dan konstruksi. Perekonomian negara bisa dibilang meningkat jika jumlah balas jasa riil lebih besar dari tahun sebelumnya. Berikut ini beberapa faktor dari pertumbuhan perkonomian yang bisa Anda ketahui.

1. Sumber daya manusia

Faktor pertama dari pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah memiliki tenaga kerja manusia yang cukup dan mahir. Kualitas SDM dilihat dari beberapa hal, seperti pendidikan, kemampuan, kekreativitasan, pelatihan, dan keterampilan yang dimiliki. Dalam hal ini, Indonesia sudah mulai meilirik dan memperhatikan SDM yang dimiliki dan memberikan fasilitas yang mencukupi untuk melatih para SDM untuk memajukan perkonomian negara dan agar bisa bersaing dengan negara-negara lain agar tak kalah karena adanya MEA (masyarakat ekonomi asean).

2. Sumber daya alam

Sumber daya alam akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. SDA merupakan sumber kekayaan yang tersedia di alam, Indonesia dikenal kaya akan alamnya seperti hutan dan lautnya. Negara dengan SDA yang berlimpah akan dapat menikmati hasil dari pertumbuhan yang baik. Maka dari itu, pemanfaatan SDA harus sangat diperhatikan. Penggunaan SDA harus secara efisien karena untuk menjaga keseimbangan alam juga. Negara yang memiliki SDM yang terdidik dan SDA yang melimpah bisa menikmati hasil yang nikmat dan menjadikan status perkonomian meningkat.

3. Pengembangan teknologi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dilatarbelakangi juga karena pesatnya perkembangan teknologi dan mempunyai andil untuk meningkatkan produktivitas dari jumlah SDA dan SDM yang terbatas. Negara dengan teknologi maju cenderung memiliki ekonomi yang bagus dari pada negara yang kurang dalam menggunakan teknologi.

4. Faktor budaya

Budaya dapat memberikan dampak yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan negara. Budaya bisa mendorong agar dapat berperilaku sehat, baik, jujur, ulet, dan kerja cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *